Tips Merencanakan Masa Depan

tumblr_n7pgxsR4N31taj6buo1_500

Dalam buku A Class With Drucker: The Lost Lessons of The World’s Greatest Management Teacher karya William A Cohen ditulis bahwa suatu hari di dalam kelas, Drucker sedang membicarakan tentang perencanaan. Drucker mengatakan “penting agar rencanamu dan strateginya sesuai dengan lingkungan”  dan seseorang bertanya, “bagaimana Anda dapat meramalkan masa depan, karena sekalipun Anda mulai melaksanakan rencana Anda saat ini, lingkungan yang terbatas berubah pada saat Anda memulainya” Drucker menjawab, “Anda tidak dapat meramalkan lingkungan di masa depan, tetapi yang dapat Anda lakukan adalah menciptakan masa depan”

Kata Drucker masa depan tidak dapat ditebak tapi dapat diciptakan.

“The best way to predict the future is to create it” –Peter Drucker

Jadi atas dasar tersebut saya membuat tulisan ini. Tips ini pada dasarnya diambil dari saran Peter Drucker yang ada di buku tersebut namun memang ada sedikit penambahan.

  1. Mulai dengan menetapkan sasaranHal pertama yang harus dilakukan untuk menciptakan masa depan adalah dengan menetapkan sasaran atau tujuan yang benar-benar jelas. Kita harus tahu apa yang sebenarnya kita inginkan? Atau apa yang sebenarnya ingin kita lakukan?. Buatlah sasaran atau tujuan Anda dengan jelas.Perlu diingat sasaran tersebut harus benar-benar jelas dan pasti.

     

  2. Menetapkan tindakan yang harus diambil saat ini untuk mencapai tujuan di masa depanSetelah Anda menetapkan sasaran atau tujuan yang jelas dan pasti selanjutnya Anda perlu untuk menetapkan tindakan yang harus diambil saat ini untuk mencapai tujuan di masa depan.Saran saya buatlah perencanaan yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut kemudian bergeraklah, bertindaklah sekarang juga. Lakukan rencana-rencana Anda sekarang jangan nanti. Ini adalah hal yang baik jika Anda tidak menunda rencana Anda dan memulainya sekarang juga. Anda akan dapat mewujudkan mimpi Anda karena saat ini Anda sedang berusaha mewujudkannya.

“You are great you can create your own beautiful future” –Myself

 

  1. Percaya bahwa masa depan yang Anda inginkan atau sasaran yang Anda tetapkan dapat terwujudSaran saya selain melakukan dua hal di atas Anda juga perlu percaya bahwa masa depan yang Anda inginkan atatu sasaran yang Anda tetapkan dapat terwujud. Ini erat kaitannya dengan “pencitraan mental positif” gambaran positif akan menjadi rangsangan untuk diri Anda agar memiliki rasa percaya diri untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya Anda anggap tidak mungkin.Perlu diperhatikan meskipun Anda sudah melakukan “pencitraan mental” tentu Anda tidak bisa melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum fisika alam misalnya terbang seperti superman.

Catatan

Sasaran atau tujuan harus pasti dan jelas

Ini seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa rencana dan tujuan harus pasti dan jelas.

Rencana dan strategi yang Anda tetapkan untuk mencapai tujuan harus sesuai dengan lingkungan

Maksudnya untuk mencapai tujuan atau sasaran drucker mengatakan untuk tidak membuat rencana dari besi, tetapi meninjaunya berulang-ulang dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan seraya waktu berjalan. Hal ini karena “lingkungan” berubah tapi rencana Anda jelas dan pasti. (lingkungan di sini bisa politik, ekonomi, sosial dan sebagainya).

Dalam bukunya A Class With Drucker Cohen mengatakan, “Peter ingin kita terlebih dahulu berfokus pada sasaran masa depan kita kemudian pertimbangkan apa yang kita hadapi sekarang dan ambil tindakan yang diperlukan yang akan mengarahkan kita untuk mencapai sasaran-sasaran ini di masa depan. Seiring kemajuan kita, lingkungan dan kondisi akan berubah. Kita tidak bisa memperediksi perubahannya. Kenyataannya, jika kita tetap berpegang pada tindakan awal dan tetap berjalan di tempat, kita tidak akan pernah mencapai masa depan yang sungguh-sungguh kita ciptakan. Meskipun begitu, kita bisa dan harus mengambil tndakan baru yang memungkinkan kita membuat kemajuan dan mencapai sasaran masa depan kita”.

Sasaran yang pasti harus menjadi pangkal dari semua perencanaan

Setiap perencanaan yang Anda buat dan tindakan yang Anda lakukan haruslah dapat mengantarkan Anda ke sasaran yang Anda tuju.

Pelaksanaan dan tindakan dianggap sebagai kepentingan yang paling utama

Tentu jika Anda hanya menetapkan tujuan dan membuat serangkaian rencana hal ini tidak akan pernah berhasil tanpa pelaksanaan dan tindakan.

Anda perlu membuat keputusan yang penting dan terus berfokus pada tujuan akhirnya

Di buku ini dikatakan bahwa tak ada tren yang bisa diramalkan selamanya, “perbaikan di tengah jalan” itu penting. Sementara sasaran masa depan mungkin tidak berubah, strategi yang diperlukan untuk mencapainya berubah.

Komitmen

Jika Anda berkomitmen untuk menciptakan sebuah masa depan, baik milik Anda maupun milik perusahaan. Meskipun dengan sedikit sumber daya untuk memulai Anda akan menemukan jalan agar pekerjaan itu terlaksana.

***

Pustaka : Cohen, William A. 2008.  A Class With Drucker: Pelajaran Berharga dari Guru Manajemen No. 1 di Dunia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: