Tips Meningkatkan Prestasi, Kesuksesanan, dan Kepuasan atas Pekerjaan

look-book-girlboss-netflix

Efektivitas membuat pekerjaan yang penting dapat terlaksana sementara rasa cinta terhadap pekerjaan atau terhadap sesuatu yang Anda lakukan dapat meningkatkan motivasi Anda untuk melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Maka saya yakin cara untuk meningkatkan prestasi, kesuksesan, dan kepuasan atas pekerjaan adalah dengan menjadi efektif dan mencintai pekerjaan Anda atau mencintai sesuatu yang sedang Anda lakukan.

EFEKTIVITAS

Saya pernah membaca buku tentang efektivitas yaitu buku karya Peter Drucker yang berjudul The Effective Executive dalam buku tersebut dikatakan bahwa efektivitas bukan sesuatu yang dibawa sejak lahir tapi efektif merupakan kebiasaan.

Peter mengatakan efektivitas adalah kebiasaan; yakni suatu rangkaian kebiasaan. Dan kebiasaan selalu dapat dipelajari. Yaitu dengan mengerjakannya terus menerus.

Dan inilah 5 buah kebiasaan mental yang harus dicapai untuk menjadi efektif yang yang saya dapat dari buku The Effective Executive.

  1. Mereka yang efektif tahu bagaimana menggunakan waktu mereka. Mereka bekerja secara sistematis mengelola seberapa pun waktu yang dapat mereka atur sendiri.
  2. Mereka yang efektif memusatkan perhatiannya pada partisipasi ke luar. Mereka mengarahkan usaha mereka pada hasil yang akan dicapai, bukan kepada pekerjaan. Mereka akan mulai dengan pertanyaan, “hasil apa yang diharapkan dari saya?” bukan pekerjaan apa yang harus saya selesaikan, apa lagi mengenai teknik dan peralatannya.
  3. Mereka yang efektif membangun kekuatan. Kekuatannya sendiri, kekuatan atasannya, rekan-rekannya, dan bawahannya; dan kekuatan-kekuatan yang ada dalam setiap situasi, yakni apa yang dapat mereka kerjakan. Mereka tidak mengembangkan kelemahan mereka. Mereka memulai sesuatu dengan apa yang dapat mereka kerjakan.
  4. Mereka yang efektif memusatkan perhatian pada bidang-bidang penting yang jumlahnya tidak banyak itu, yang pasti akan menghasilkan sukses besar dengan usaha yang baik. Mereka memaksa dirinya memilih prioritas dan mempertahankan prioritas yang sudah diputuskan. Mereka tahu tidak ada jalan lain bagi mereka kecuali mengerjakan prioritas utama, dan melupakan prioritas kedua. Alternatifnya adalah bahwa tidak ada pekerjaan yang selesai.
  5. Akhirnya, mereka yang efektif membuat keputusan yang efektif. Mereka tahu bahwa ini merupakan persoalan sistem, yakni langkah-langkah yang benar dengan urutan yang benar. Mereka tahu bahwa suatu keputusan yang efektif selalu merupakan pertimbangan berdasarkan opini-opini yang sifatnya mengkritik, bukan pertimbangan yang berdasarkan mufakat mengenai kenyataan-kenyataan. Dan mereka tahu membuat keputusan dengan tergesa-gesa akan membuat keputusan yang salah. Yang dibutuhkan adalah strategi yang tepat, bukan kritik permainan yang rumit.

LOVING YOUR JOB OR LOVING WHAT YOU DO

Saya percaya dengan menyukai apa yang saya kerjakan atau apa yang saya lakukan merupakan hal yang baik yang akan membawa saya kepada prestasi, kesuksesan, dan kepuasan. Karena saya menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik yang saya bisa.

Jadi saya sarankan juga kepada Anda untuk menyukai apa yang Anda kerjakan, menyukai apa yang Anda lakukan. Jika pekerjaan itu menyebalkan carilah hal baik di dalamnya dan sukailah pekerjaan Anda.

Memang pekerjaan akan lebih menyenangkan jika itu adalah passion Anda, banyak orang yang menyarankan agar Anda mengikuti kata hati Anda, saya pikir itu memang benar dan memang seharusnya seperti itu tapi terkadang Anda harus mengalami beberapa hal terlebih dahulu Anda perlu melewati beberapa pengalaman untuk mencapai pekerjaan yang Anda impikan.

Pekerjaan yang menakjubkan memang sering menguji kesabaran dan ketahanan bertarung. Sabarlah cintai yang Anda kerjakan sekarang sampai Anda mendapatkan yang Anda impikan.

Thank you

Siska Alifia

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Tips Meningkatkan Prestasi, Kesuksesanan, dan Kepuasan atas Pekerjaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: