Tips Memilih Buku untuk Dibaca

johnny suh

Mungkin terkadang Anda ingin membaca tapi tidak tahu buku apa yang harus atau yang ingin Anda baca berikut ini adalah tips memilih buku untuk dibaca.

  1. Menentukan tema buku yang akan dibaca

Ketika membaca saya memang seseorang yang pilih-pilih. Saya biasanya sangat tertarik dengan buku bertema Manajemen atau self improvement. Jadi ketika pergi ke toko buku atau perpustakaan saya setidaknya sudah memiliki clue.

Jika Anda tidak tahu buku yang membuat Anda tertarik, ini adalah cara saya menentukan tema buku yang akan saya baca yaitu dengan bertanya pada diri sendiri “buku seperti apa yang ingin saya baca?” jawaban saya “buku yang menginspirasi saya, buku yang membuat saya memiliki pola pikir sukses atau buku yang menasehati saya, yang menjawab kebingungan kehidupan saya” saya pun menemukan jawabanya, self improvement.

Saya tahu Anda cenderung malas membaca buku yang tidak menarik minat Anda maka saran saya bacalah buku yang memang menjadi minat Anda meskipun lingkungan Anda mengatakan ada buku yang lebih penting untuk Anda baca sekarang. Misalnya saya kuliah di jurusan boga tapi yang saya lakukan adalah membaca buku-buku manajemen dan self improvement bukannya membaca buku tentang masakan padahal lingkungan mengatakan buku boga lebih penting untuk hidup saya saat ini. Tapi saya tidak peduli karena membaca buku tentang masak membuat saya benar-benar mengantuk. Lagi pula saya pikir yang saya lakukan sebenarnya bukan masalah yang menjadi masalah adalah ketika saya tidak membaca buku apa pun.

  1. Lihat penulisnya

Saya sarankan untuk melihat penulisnya terlebih dahulu daripada melihat judul. Saya pernah membeli buku hanya karena judulnya menarik dan yang terjadi adalah saya menyesal karena saya pikir membacanya hanya membuang-buang waktu. Buku itu seperti buku yang tulisannya berasal dari copy paste Wikipedia atau blog atau apa pun entahlah yang jelas buku ini benar-benar no! no!. Setelah itu saya menjadi sangat memperhatikan penulis. Biasanya saya akan membaca buku jika penulisnya adalah orang yang sangat hebat seperti Peter Drucker misalnya bapak manajemen modern nomor satu di sunia, William A Cohen seorang murid Peter yang juga seorang praktisi, dia pernah menjabat sebagai CEO perusahaan, dia seorang professor universitas, penulis hebat dan berlatar belakang militer, orang ini memiliki banyak pengalaman, Sophia Amoruso founder and owner Nasty Gal sebuah perusahaan fashion vintage yang tumbuh dengan pesat dan bahkan perusahaannya bernilai ratusan juta dollar dan dia adalah seorang #girlboss yang sukses sebelum usia 30 tahun. Kemudian juga Rando Kim seorang professor di salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan Seoul National University. John Maxwell yang buku-bukunya selalu menjadi New York Time best seller, Paul Arden author of the world’s bestselling book, dan masih banyak lainnya.

Saya juga biasanya lebih pecaya jika buku itu ditulis oleh orang hebat. Saya lebih suka lagi jika sang author sudah berumur senior ketika menulis buku itu, karena saya yakin hal ini membuat bukunya memiliki banyak kebijaksanaan.

Semoga bermanfaat

Terimakasih

Siska Alifia

2 tanggapan untuk “Tips Memilih Buku untuk Dibaca

Tinggalkan Balasan

