Tips Menjadi Content Creator

Content creator adalah seseorang yang menciptakan sesuatu berupa “content/isi” yang akan dimuat di suatu media misalnya di Internet, televisi, majalah atau yang lainnya. Content creator erat kaitannya dengan kreativitas dan produktivitas. Saat ini content creator sering dikaitkan dengan media sosial.

Youtuber, instagramer, blogger orang-orang ini sering disebut sebagai content creator. Menjadi content creator sedang diminati akhir-akhir ini. Berikut adalah tips bagi yang ingin memulai menjadi content creator.

  1. Tentukan Tema

Untuk menjadi seorang content creator yang sukses Anda perlu menentukan tema dan fokus pada tema tersebut seperti misalnya fashion, beauty, food, music, atau apa pun.

Menentukan tema merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin sukses. Selama ini saya melihat tidak ada content creator yang sukses tanpa memiliki temanya sendiri.

Sederhananya coba Anda lihat youtuber atau instagramer yang memiliki banyak audience bisanya mereka memiliki tema nya sendiri.

  1. Kualitas

Agar bisa dapat bersaing atau setidaknya agar konten Anda dilihat oleh orang. Anda perlu membuat konten Anda berkualitas. Misalnya jika Anda seorang blogger buatlah tulisan Anda rapi dan tidak banyak kesalahan penulisan atau jika Anda seorang youtuber buatlah video dengan kualitas kamera yang bagus.

  1. Penuhi Kebutuhan Audience

Biasanya yang dibutuhkan Audience adalah hiburan atau informasi. Jika Anda ingin konten Anda dilihat buatlah konten Anda bermanfaat dengan menyajikan konten yang memberikan informasi atau konten yang memberikan hiburan atau keduanya dalam satu waktu dan tentu sesuaikanlah dengan tema Anda.

  1. Perhatikan Detail

Ini adalah tips yang saya dapat dari Sophia Amoruso seorang founder and owner Nasty Gal Vintage sebuah bisnis fashion bernilai ratusan juta dollar. Sophia sangat memperhatikan detail dia tidak akan meng-unggah foto yang memiliki bercak sekecil apa pun ke web nya.

  1. Pemeriksaan Waktu

Saat ini banyak sekali content creator yang bekerja sendiri seperti youtuber atau instagramer yang saat ini sedang booming mereka tidak bekerja untuk perusahaan tapi bekerja untuk dirinya sendiri sehingga pekerjaan ini membuatnya lebih fleksibel. Karena kefleksibelan ini sering kali content creator menjadi kurang produktif, untuk mengatasi masalah ini saya sarankan agar Anda membuat jadwal hari apa saja Anda harus “menyetor produk” kepada Audience Anda. Misalnya saya sebagai seorang blogger saya memiliki jadwal untuk posting tulisan saya setiap hari senin dan sabtu ini agar saya tidak memposting jika ada mood saja dengan menetapkan jadwal membuat saya lebih teratur dan lebih produktif. Jadwal ini merupakan deadline saya dalam membuat tulisan. Deadline merupakan hal yang sangat penting dalam pekerjaan apa pun. Tanpa deadline pekerjaan apa pun tidak akan terlaksana.

Itulah tips menjadi content creator. Semoga bermanfaat.

Terima kasih

Siska Alifia

Iklan

2 tanggapan untuk “Tips Menjadi Content Creator

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: