Tips Menjadi Content Creator Part 2

Sebelumnya saya sudah pernah memposting tips menjadi content creator dan saya pikir tips tersebut belum cukup untuk memberikan pengetahuan atau saran pada content creator pemula, jadi saya menulis lanjutannya.

[Tips Menjadi Content Creator Part 1] ini adalah tips menjadi content creator part 1

Berikut ini adalah tips lanjutan menjadi content creator

  1. Tetapkan Tujuan

Ketika memutuskan untuk menjadi content creator Anda perlu untuk menentukan tujuan Anda. Memberi inspirasi atau memberi informasi atau apa pun. Cobalah pikirkan tujuan Anda, “kenapa Anda ingin menjadi content creator?” “apa tujuan Anda menjadi content creator?” “di bidang apa Anda akan berkontribusi?”

  1. Sasaran Pasar

Terkadang menjadi content creator juga sama dengan berbisnis karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa content creator erat kaitannya dengan produktivitas dan ini juga sering dijadikan bisnis potensial.

Anda perlu menentukan sasaran pasar Anda, orang-orang seperti apa yang ingin Anda pengaruhi. Anda perlu memikirkannya karena dengan mengetahui orang-orang yang akan menjadi “customers Anda” Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada diri Anda “hasil apa yang diharapkan dari saya?” dengan mengetahui jawabannya produktivitas Anda akan lebih berkualitas. Anda menjadi lebih efektif.

  1. Konsisten

Anda perlu konsisten dengan tema dan tujuan Anda, dan juga konsisten dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Anda perlu memposting sesuatu mengikuti jadwal Anda jangan sampai “channel” Anda sepi content. Konsisten memposting sesuatu dengan waktu yang sudah ditentukan memberikan Anda citra sebagai seorang professional.

  1. Bersabar

Ketika pertama kali membangun sebuah “channel”, ketika pertama kali menjadi content creator mungkin tidak akan ada yang melihat Anda, tidak ada yang mengikuti Anda satu pun, Anda harus bersabar sambil terus membuat content dan promosi. Anda harus mau bekerja tanpa reward pada masa-masa awal, seiring waktu berlalu seiring Anda tumbuh dan berkembang asalkan Anda sudah berusaha sebisa yang Anda mampu Anda akan mendapatkan “reward” Anda di kemudian hari. Saran saya adalah jangan bekerja untuk uang atau angka (seperti number of followers, viewers, atau apa pun) bekerjalah karena Anda menyukainya, karena Anda ingin melakukannya, karena Anda enjoy melakukan pekerjaan tersebut, dan karena Anda ingin berkontribusi untuk dunia.

  1. Kuantitas

Menjadi content creator sama dengan menjadi seniman, semakin banyak Anda membuat content, semakin banyak Anda latihan, dan semakin banyak Anda belajar semakin Anda mampu untuk membuat konten yang lebih baik dari hari ke hari. Semakin banyak Anda membuat konten semakin besar kesempatan bagi Anda untuk menemukan “master piece” karya Anda.

Quantity leads to quality jadi buatlah konten sebanyak-banyaknya dan temukan master piece Anda.

  1. Mulai

Anda tidak akan pernah menjadi content creator yang baik jika Anda tidak pernah memulainya. Mulailah sesegera mungkin dan belajarlah, Anda akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Memulai menjadi content creator Anda tidak perlu memikirkan tentang hal-hal teknik seperti editing video atau editing blog  ini semua bisa dipelajari, ada banyak tutorial di Internet. Yang perlu Anda lakukan adalah mulai.

Itulah enam tips lanjutan untuk menjadi content creator. Sebenarnya masih banyak sekali yang perlu disampaikan tapi saya berharap Anda akan belajar menjadi content creator berdasarkan pengalaman Anda.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih

Siska Alifia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: