Membaca Efektif

Selama beberapa bulan ini setiap hari saya pergi ke perpustakaan di kampus saya, akhir-akhir ini saya senang membaca dan memutuskan untuk menjadikan membaca sebagai hobi dan kebiasaan.

Saya ingat dulu ketika pergi ke perpustakaan yang saya lakukan hanya melihat-lihat buku lalu pergi atau membawa banyak sekali buku ke meja dan membaca memindai biasanya hal-hal ini dilakukan ketika sedang bosan dan atau ketika mengerjakan tugas dan penelitian. Sering sekali yang dilakukan adalah membaca memindai saya hanya membaca bagian dari buku yang saya anggap penting saja. Parahnya lagi terkadang meski pun membaca memindai, yang saya lakukan tidak benar-benar membacanya, saya hanya membaca sekilas dan tidak benar-benar memahaminya. Sebenarnya yang benar-benar saya lakukan hanyalah mengutip tulisan di buku dan menyalinnya ke tugas saya, ini benar-benar buruk. Entah kenapa saya pikir bahwa sepertinya ada banyak orang yang seperti saya di dunia ini yaitu orang-orang yang hanya membaca memindai. Saya sudah taubat sekarang karena saya pikir membaca memindai adalah tidak efektif, mungkin dengan membaca memindai tugas dan penelitian dapat cepat selesai, tapi saya sadar dengan membaca memindai saya tidak benar-benar mendapat pengetahuan, tidak benar-benar memahami isi buku tersebut, sepertinya saya tidak dapat apa-apa.

Saya pikir membaca memindai membuat saya tidak mendapatkan informasi seutuhnya, saya tidak mendapat manfaat sesungguhnya dari buku tersebut. Saya sekarang menyadari jika saya ingin mendapatkan pemahaman dan pengetahuan yang keren saya perlu untuk membaca buku tersebut dari awal hingga akhir. Saya tidak akan benar-benar mendapatkan sesuatu jika tidak membaca buku sampai akhir atau hanya membaca akhirnya saja. Buku adalah satu kesatuan dari awal sampai akhir. Saya hanya akan benar-benar mendapatkan sesuatu jika membacanya dari awal hingga akhir.

Saya pikir membaca buku sama seperti menonton video inspirasional atau video penuh informasi di YouTube. Seperti video-video di Ted X Talk misalnya saya sering sekali menonton video di Youtube dan saya pikir saya tidak akan mendapatkan apa pun jika tidak menontonnya sampai akhir jadi meski pun video nya membosankan saya akan berusaha dengan keras untuk menontonnya karena biasanya ilmunya ada di akhir video, tapi saya tidak bisa menonton hanya akhirnya saja karena video tersebut pada dasarnya satu kesatuan dari awal hingga akhir jadi jika saya ingin benar-benar memahami dan mendapatkan manfaat dari menonton video di YouTube saya harus menontonnya dari awal hingga akhir dan begitu juga dengan buku jika saya membacanya dari awal hingga akhir saya akan benar-benar memahami dan mendapatkan manfaatnya.

Bacalah buku dari awal hingga akhir, dan temukan kebijakan sesungguhnya yang ingin disampaikan penulis.

Catatan : ketika membaca buku bahkan yang menarik sekali pun sering sekali dijumpai halaman yang membosankan yang saya lakukan biasanya adalah melewati halaman tersebut, ini untuk menghindari terjadinya mengantuk atau bahkan berhenti membaca atau hal buruk lainnya jadi saya putuskan untuk melewati halaman-halaman membosankan itu dan membacanya lagi setelah menyelesaikan satu buku tersebut.

Baca lainnya : Tips Memilih Buku untuk Dibaca

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Siska Alifia

Tinggalkan Balasan

