Teori BTS Keseluruhan: Kesembuhan Mental (Rahasia Memahami Cerita MV BTS)

Gue sebenernya bukan ARMY gue udah lama tau BTS tapi gue gak nemu ketertarikan terhadap BTS padahal dari dulu gue akui kalo mv dan musik bts tuh keren dan aesthetic, hingga akhirnya beberapa hari yang lalu temen gue yang adalah seorang ARMY fanatik nunjukin sebuah karya BTS ke gue itu sebuah video yang berjudul love yourself her (serendipity) yang di bintangi oleh Jimin dan ow my god gue langsung merasa terkoneksi dengan MV itu gue merasa perasaan gue digambarkan sempurna oleh MV dan musik itu. Gue tahu ini tentang keinginan sembuh, pencarian kebahagiaan, depresi. Setelah itu akhirnya gue tontonin tuh segudang MV BTS sebenernya dulu juga gue udah tontonin cuma gue anggep berlalu begitu aja dulu gue kurang aware sama seni dan mungkin karena dulu gue sehat. hmm hmm.

Gue nonton segudang MV BTS itu sama temen gue temen gue ngasih tau banyak hal kaya tentang bunga semeraldo, omelas, dan no vacancy.

Image result for bts smeraldo Image result for bts omelas

Gue semakin ngerasa connect sama karya yang disuguhkan BTS and team waktu gue nonton sama temen gue gue awalnya pusing juga maksud ceritanya apa tapi gue ngerti perasaan yang ditimbulkan. Gue tau ini gue, gue ngerasa banyak karya BTS menggambarkan perasaan gue yang adalah seseorang yang punya sedikit masalah dengan kejiwaan.

Image result for jin blood sweat and tears gif

Pas gue nonton video-video itu sendirian gue akhirnya ngerti bahwa BTS itu tentang orang yang sakit mental atau jiwa atau apalah. Cuma ada 1 orang sebenarnya, yang ada cuma Jin yang lainnya adalah emosi Jin jadi 6 orang itu diibaratkan emosi Jin (ini sepertinya terjadi di semua MV atau Movie) soalnya nih gue liat-liat kalo setiap orang lain berantem atau ngelakuin yang aneh-aneh Jin itu cuma diem dan seperti berpikir mungkin karena emang yang berantem itu emosinya sendiri (pergejolakan jiwa) makanya bunga semeraldo itu melambangkan Jin bukan yang lain. Gue yakin karya BTS and team semuanya tentang melambangkan gejolak emosi Jin yang dalam kesakitan jiwa yang mencari harapan, kebahagiaan, sembuh (tapi cerita sebenarnya gak bisa diceritain itu rahasia Jin, yang bisa dia sampaikan atau ekspresikan adalah emosinya aja makanya dia nulis di bunga itu “cerita yang tidak bisa diungkapkan”)

***

Gue liat MV yang isinya sama cewek-cewek Love yourself highlight reel waktu pertama kali nonton nih sama temen gue gue bingung apa sih maksudnya tapi gue inget temen gue bilang cewek yang ada sama Jhope sama Jimin tuh sebenernya gak ada nah gue setuju nih sama temen gue ini kalo cewek-cewek itu sebenernya adalah perumpamaan, semua cewek itu adalah keseimbangan masing-masing member (emosi). Gini yaa coba kita liat.

Image result for suga love yourself

Pertama Suga dia keliatan lagi stress kan terus dia mau ngerokok (rokok kan sering dikaitkan sama stress, jadi ibaratkan si suga tuh lagi stress aka dia tuh emosi Jin yang melambangkan stress) gak dibolehin ngerokok kan sama si cewek (keseimbangannya) nah terus si cewek ngeluarin permen warna kuning ini tuh kaya ada arti dibalik arti wkwk jadi artinya “udah berhenti ngerokok nih gantinya permen” (ini metode yg sering dipake orang yang kecanduan rokok yang mau berhenti) tapi arti sebenarnya adalah “jangan stress mulu nih cobain kebahagian” (permen kan manis dan itu warnanya kuning). *kuning melambangkan kebahagiaan*

Kedua nih Rapmon, si monster tuh sebenarnya sedang berada dalam kebahagiaan dia menemukan keseimbangannnya tapi dia gak bersyukur soalnya si cewek itu (keseimbangannya) kan pake iket rambut kuning yang kata temen gue karet gelang buat ngebungkus nasi kuning (wkwk ngakak ih) Rapmon tuh gak suka dan dia pengen yang lebih baik makanya diem-diem dia berusaha untuk ngasih iket rambut yang lebih baik tapi itu petaka makanya warna iket rambutnya item.

Jhope gak bisa maafin dirinya sendiri dia gak bisa maafin masa lalu

Image result for jimin love yourself'highlight reel

Jimin itu depresi

V nah gue gak ngerti sebenernya tentang si V tapi kemudian gue cari tentang teori BTS di google dan gue nemu yang sependapat sama gue nih link nya (Link) dia bilang V itu pemberontak (gue nemu kejelasan pas baca teori itu pokoknya siapa pun yang nulis teori itu thank you so much!!).

Jungkook gue gak ngerti juga hehe tapi gue ambil dari teori dia kalo Jungkook tuh plin plan.

Nah menurut gue itu semua guys melambangkan gejolak perasaan Jin. Stress, depresi, gak bersyukur, brontak, gak bisa maafin diri sendiri, plin plan, dll. Di setiap emosi juga ada ego yang berperan. Ini rumit dan capek tapi kalo kamu sakit mental kamu bakal lebih mudah mengerti, bukan ceritanya tapi perasaannya.

Liat aja nih yaa di setiap MV BTS pasti Jin pengendalinya. Misalnya kaya di gambar ini.

Image result for bts run

Menurut gue ya guys orang-orang marah bukan karena 6 orang ngeberantakin mobil mereka (karena sebenernya 6 orang ini cuma ada di khayalan Jin) orang-orang marah karena mobil Jin ngehalangin jalan mereka (ini dia lakuin untuk berekspresi sebenarnya dia ingin mengeluarkan sedikit kegelisahannya dia membiarkan emosinya lari)

Dan seperti yang kita tahu kalo soal setir menyetir pasti dilakuin sama Jin menurut gue ya emang karena yang nyata itu cuma Jin yang lainnya adalah emosi Jin jadi yang punya kendali adalah Jin.

Image result for jin run mv

Jin dikendalikan emosinya

Image result for jin blood sweat and tears japanese

Image result for jin blood sweat and tears japanese

Jin sedang mencoba memahami mentalnya, ia sedang berusaha untuk sembuh saya pikir dengan mencoba meghancurkan satu per satu emosi tapi semakin dia berusaha ini menjadi kehancuran.

Image result for bts blood sweat and tears

jin mencoba untuk mendamaikan emosinya (ugh waktu nonton lagi blood sweet and tears versi korea lebaynya nih yaa gue berasa gak bisa napas *tapi bukan ga bisa napas beneran yaa wkwk* soalnya perasaan-perasaan itu, pemikiran-pemikiran itu pernah gue alami (susah kalo di deskripsikan), mungkin bagi seseorang yang gak konsentrasi waktu nonton atau gak pernah ngalamin yg namanya gangguan mental such as deep depression, suicide thought, self injury and so on maybe it’s a bit hard for you to understand, to feeling something)

Dan lain-lain pokoknya panjang banget kalo dijelasin.

Intinya gue mau kasih rahasia nih. Rahasianya..

“menurut gue kalo mau paham banget tentang cerita BTS yang harus dilakuin adalah memahami Big Hit”

Related image

 

Coba perhatiin lambang Big Hit. Pertama semua warnanya putih. kalo orang-orang mau bikin film tentang psikopat atau rumah sakit jiwa suka ada ruangan warnanya putih semua kan. Terus perhatiin huruf i, di situ huruf i nya titik sama garis yang berdiri jaraknya jauh kan dan dalam ilmu (gue lupa namanya ilmu apa pokoknya bagian dari psikologi yang membahas tentang tulisan sesorang) nah kalo orang yang nulis i dengan jarak titik yag jauh ini menandakan kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Terus liat slogan mereka music and artists for healing yap sepertinya tujuan utama mereka adalah penyembuhan mental (atau mengekspresikan perasaan yang abnormal) sepertinya bidikan utama mereka adalah orang-orang yang sakit mental. Jadi Big Hit bukan cuma tentang seni tapi juga tentang psikologi.

Ini cuma teori gue aja guys, kebenarannya gak tau tapi gue mau percaya aja sama teori abal-abal gue ini wkwk. Oh iya kalau ada kesamaan dengan teori yang lain selain teori yang gue sebutin di atas beneran gue gak tau kenapa, jadi itu ketidak sengajaan. Dan maafin gue kalo gue yang bodoh tentang BTS ini tiba-tiba ngoceh panjang lebar maafin gue karena kaya mereka gue cuma mau berekspresi (cieelah) dan gue ngerti sekarang kenapa ARMY tuh banyak bangeeeetttt karena emang BTS and team is super really cool and creative and genius.

Kesimpulannya nih guys gue pikir kita gak akan bisa memahami ceritanya karena memang mereka tidak menyampaikannya yang mereka sampaikan adalah emosi.

Ini tentang mencari kesembuhan, mencari kebahagiaan.

Sekian dari saya, thank you dan maaf banget kalo ada salah salah kata. I love you.

Oh iya kalau kamu punya pendapat atau manurut kamu saya terlalu mengada-ngada please comment below.

*cobain deh guys nonton MV BTS yang mana aja dengan ngebayangin kalo Jin adalah tokoh utama dan yang lainnya adalah emosi Jin*

*btw maaf yaa tiba-tiba malah ngomongin kpop di blog ini, soalnya gue lagi pengen ngomongin kpop hehe*

Bye

Sekali lagi thank you for reading dan maaf banget kalo ada salah salah kata. I Love You. ♡

Tinggalkan Balasan

